Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia | ProBisTech

Ingin Profil Usaha Anda MUDAH Ditemukan di Google?

Please kindly contact us
.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

Perayaan Tahun Baru Imlek adalah perayaan yang paling penting dalam tradisi masyarakat Chinesse (Tionghoa). Demikian pula di Indonesia, mayoritas dari warga keturunan Tionghoa (Chinesse) turut merayakannya.

Perayaan Tahun Baru Imlek atau yang sering disebut juga dengan sincia (xincia) dimulai di hari pertama bulan pertama (正月= zhēng yuè) pada kalender penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal lima belas (saat bulan purnama).

Tahun Baru Imlek di Indonesia

Malam tahun baru imlek / malam sincia disebut sebagai Chúxī yang memiliki arti "malam pergantian tahun". Pada malam ini saudara - saudara kita keturunan Chinesse saling berkumpul bersama di rumah saudara atau teman dan merayakannya dengan makan bersama keluarga dan atau teman.

Pada perayaan tahun baru Imlek ada tradisi untuk membagikan Angpao ( 紅包 = hóngbāo). Angpao adalah bingkisan yang dibungkus dengan amplop merah yang berisikan sejumlah uang sebagai hadiah tahun baru Imlek.
Yang memberi angpao biasanya adalah pasangan yang sudah menikah, sementara penerimanya adalah orang yang belum menikah atau anak kecil.

Angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Warna merah angpau melambangkan ungkapan semoga beruntung dan mengusir energi negatif.

Karena keturunan Tionghoa banyak tersebar diberbagai daerah dan negara, maka acara perayaan tahun baru Imlek dengan mudah kita jumpai di hampir semua daerah / negara yang memiliki warga keturunan Tionghoa seperti di Indonesia.

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia
Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

ProBis (profilebisnis.com) mengucapkan :

GONG XI FA CHAI
SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2566
Ingin Profil Usaha Anda MUDAH Ditemukan di Google?

Please kindly contact us
.