Proses Kelahiran Anak Anjing Pomeranian | ProBisTech

Ingin Profil Usaha Anda MUDAH Ditemukan di Google?

Please kindly contact us
.

Proses Kelahiran Anak Anjing Pomeranian

Intermezzo dari team ProBis mengenai proses kelahiran anak anjing pomeranian. Tepat di hari ini Jumat, 29 Mei 2015 Alien, Seekor Anjing dari trah jenis Pomeranian melahirkan anak pertamanya lebih kurang pada pukul 10.00 WITA.

Proses Kelahiran Anak Anjing Pomeranian

Tulisan ini dipertimbangkan untuk masuk sebagai bagian dari Intermezzo dengan harapan agar tulisan ini berguna untuk rekan - rekan yang mempunyai anjing dan belum mengerti bagaimana, ciri - ciri anjing mau melahirkan serta proses kelahiran anak anjing.

Pagi ini sedikit aneh, tidak seperti tadi malam dimana Alien yang biasanya selalu meminta "makanan tambahan", menjadi kurang bersemangat ketika diberi potongan roti. Dia hanya menghampiri, mengambil potongan roti tersebut, membawanya pergi serta menyimpannya.

Pheww....
Tumben banget nih ujar saya dalam hati...

Pada malam hari sebelumnya dia sudah menunjukkan gerak - gerik dan perilaku aneh seperti mulai berjalan - jalan seperti hendak mencari tempat yang pas untuk proses melahirkan, mulai menggaruk - garuk dengan kaki depannya.
Namun jangan keburu memutuskan... perilaku anjing menggaruk - garuk dengan kaki depan sudah mulai terlihat sejak seminggu sebelum proses kelahiran.

"Apabila waktu kelahiran sudah dekat, maka perilaku menggaruk tersebut akan muncul dengan intensitas yang lebih tinggi".

Dan benar saja....

Sesaat setelah dia berlaku aneh dengan menyimpan potongan roti kesukaannya, Aline menggonggong pelan seperti merintih menahan sesuatu....
Napasnya mulai cepat dan duduk diam didekat tembok.....
Tidak lama kemudian keluar sedikit air kecoklatan seperti air seni namun berwarna kecoklatan...
Ya.. itu air ketuban yang pecah...
Lalu saya mulai mengangkat ekornya dan benar saja... nampak kepala bayi anjing mulai keluar sedikit dengan posisi terbungkus selaput plasenta...

Saya mengelus kepalanya dengan harapan menenangkan Aline yang baru pertama kali ini akan melewati proses kelahiran anak anjing.

Tak lama kemudian, keluarlah bayi anjing yang masih terbungkus rapi dalam selaput tipis yang secara awam disebut sebagai selaput / lapisan plasenta....

Kami membantu untuk menyobek lapisan tersebut agar anak anjing dapat segera bernapas dan induknya mulai menjilati tubuh bayinya untuk membersihkan sisa - sisa dari air ketubannya. Thanks God, seekor anak anjing pomeranian berkelamin jantan telah sukses selamat melewati proses kelahirannya

Setelah menyobek selaput plasenta, jangan lupa untuk menarik ari - ari yang tersambung dengan tali plasenta (tali pusat) dari dalam kandungan induknya.

"Setelah ari - ari yang tersambung dengan tali plasenta keluar, maka segera induk anjing akan memakannya dengan lahap sampai habis. Dan apabila tali pusat yang tersambung dengan ari - ari nampaknya sukar untuk digigit oleh sang induk, maka kita dapat membantu memotongnya".

Selang 10 menit kemudian nampak sang induk anjing kembali gelisah...
Yaps...
Nampak kembali tonjolan bayi anjing yang hendak keluar dari dalam kandungan induknya...

Namun proses kelahiran anak anjing yang kedua ini tidak semulus yang pertama. Meski sedikit tonjolan sudah terlihat keluar namun induk anjing terlihat tidak fokus untuk mengeluarkannya, terlihat agak kurang peduli sembari menjilati anak anjing pertamanya yang lebih dahulu keluar.

Namun syukurlah, setelah saya sedikit "menarik" bayi anjing tersebut ke arah bawah perlahan - lahan, maka keluarlah si bayi anjing tersebut. Dan thanks God, lahir lagi seekor anak anjing pomeranian berkelamin jantan dengan selamat....

"Saya membantu bayi bayi anjing itu dengan meletakkan mereka di puting susu induknya agar segera mendapatkan ASI dari induknya".

Selang kurang lebih 20 menit kemudian nampak sang induk kembali gelisah dan tak lama setelah itu keluarlah bayi anjing yang ketiga dan terakhir dengan selamat dan ternyata seekor betina.

"Ada beberapa pengalaman dari rekan lain yang menceritakan bahwa selisih waktu kelahiran anak anjing pertama dan berikutnya bisa berselang sampai beberapa jam lamanya".

Demikianlah tulisan artikel kami mengenai proses kelahiran anak anjing pomeranian berdasarkan pengalaman pribadi.

"Untuk lebih amannya kami menyarankan agar proses kelahiran anak anjing dibantu oleh dokter hewan".

Untuk dokter hewan / klinik hewan area Denpasar - Bali dapat menghubungi :
1. Klinik Hewan Sayang Binatang
2. Klinik Hewan Dr. Dharma
Ingin Profil Usaha Anda MUDAH Ditemukan di Google?

Please kindly contact us
.